Pada saat awal soft launcingnya Yamaha BYSON yang diawali dengan program Indent Online
saat itu baru diadakan di Jakarta dan Medan. Untuk Jakarta diadakan
selama periode 13 ? 19 Agustus 2010 sedangkan untuk daerah Medan
diadakan selama periode 16 Agustus ? 20 September 2010. Adapun proses
Indent Online ini dilakukan secara terintegrasi di seluruh channel
online Yamaha mulai dari www.yamaha-motor.co.id, www.yamaholigan.com dan facebook Yamaha Moto Indonesia.
Kehadiran Byson di Indonesia
kembali membuktikan bahwa Yamaha konsiten pada kebutuhan masyarakat
terhadap roda dua. Kini Byson dengan teknologi SOHC dan ditambah
kekuatan 153cc menjadi alternatif utama bagi lelaki yang menyukai
touring ataupun membutuhkan kendaraan untuk perjalanan jauh. Itu semua
karena Byson diciptakan dengan kemampuan terbaik yang sesuai bagi bikers di Indonesia.
Setelah penantian yang cukup
panjang dan desas desus yang menyatakan tidak jadinya BYSON keluar di
INDONESIA sekarang akhirnya para biker bisa bernafas lega dengan
kehadiran byson, ya walaupun sudah terlebih dahulu kompetitornya
mengeluarkan produk sekelas dengan mengusung slogan yang hampir sama
yaitu REAL STREET FIGHTER tapi para pecinta yamaha tetap setia dengan
menunggu LORD OF THE STREET (BYSON) terbukti dengan launching indent
Online saja yang memesan sudah membludak.
Pada awal BYSON keluar banyak
para BLOGER yang meriview langsung kedua motor tersebut dan menyimpulkan
bahwa NMP akselerasinya sedikit lebih baik ketimbang BYSON walaupun
diatas kertas seharusnya BYSON bisa mengungguli NMP. Akhir banyak para
bloger menganalisa apa penyebab yYmaha BYSON kalah dalam hal
akselerasi.. dan mereka rata-rata sepakat ada 2 faktor yang mempengaruhi
performa Yamaha BYSON, 1. Knalpot dituding penyebab utama lemotnya si
kebo lalu yang ke 2 Pelek dan ukuran ban BYSON jauh lebih besar
ketimbang NMP. Saya yakin jika ke 2 komponen itu diganti dengan yang
sama pasti BYSON dapat mengungguli NMP..
Sudah cukup saya meriview/flash
back tentang Yamaha BYSON, sekarang yang saya mau angkat kenapa Yamaha
FZ16 (India) performanya lebih baik dari BYSON..????
Sesuai dengan judul artikel diatas yaitu
YAMAHA BYSON VS YAMAHA FZ16.. SERUPA TAPI TAK SAMA..
Pasti banyak para agan-agan yang
bertanya dengan judul tersebut.... Kenapa bisa begitu???.... Bukanya
BYSON Klonan dari FZ16???... oke sekarang kita coba lihat telaah
kenyataan yang ada ..Standar Yamaha Indonesia dan india berbeda, Standar
Indonesia Lebih Tinggi ketimbang India makanya Yamaha Indonesia
melakukan riset yang cukup lama sebelum meluncurkan produk BYSON
perbedaannya hampir 2 tahun, kalau di india FZ16 2008 sudah keluar
sedangkan di Indonesia baru setelah lebaran 2010 baru meluncur, kalau di
India 2010 sudah melakukan Upgrade FZ16 ke FZS dan yang terakhir FAZER.
nah kalau dilihat dari kenyataan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa di
India pada 2010 sudah memperbaiki beberapa sektor kalau di Indonesia
masih sibuk ngurusin produksi untuk memenuhi permintaan konsumen akan
BYSON jadi secara orang awampun bisa menyimpulkan FZ16 lebih baik dari
segi performa...
Yuk kita lihat data yang ada dari kedua Produk Yamaha tersebut..
YAMAHA BYSON VS YAMAHA FZ16
SPEC
|
BYSON
|
FZ16
|
Tipe Mesin:
|
4 Langkah, SOHC,
2 Klep, Berpendingin Udara
|
Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
|
Volume Silinder:
|
153 cm3
|
153.0cc
|
Diameter x Langkah:
|
58.0 x 57.9 mm
|
58.0 × 57.9mm
|
Perbandingan Kompresi:
|
9.50 : 1
|
9.5:1
|
Daya Maksimum:
|
13,73 PS / 7.500 rpm
|
14PS / 7500 rpm
|
Torsi Maksimum:
|
13,6 Nm / 6.000 rpm
|
14 N.m / 6000 rpm
|
Sistem Starter:
|
Electric Starter dan Kick Starter
|
Electric start/Kick start (optional)
|
Sistem Pengapian:
|
DC C.D.I
|
C.D.I. with 3 dimension digital
|
Jarak Sumbu Roda:
|
1.334 mm
|
1,335mm
|
Ban Belakang
|
Tubeless 120/70-17M/C 58P
|
140/60-R17 Tubeless
|
P x L x T:
|
2.075mm x 780mm x 1.045mm
|
1,970mm × 770mm × 1,045mm
|
Berat Isi:
|
137 kg
|
135 kg
|
Dari data diatas terlihat bahwa dari segi Performa (Daya dan Torsi Maksimum) terlihat bahwa FZ16 lebih baik dari BYSON, Lalu dari segi tampang FZ16 pun lebih gagah walaupun hampir tidak terlihat perbedaanya yaitu lebar ban belakang FZ16 lebih lebar dari BYSON, dan mungkin banyak lagi perbedaan jika langsung ditest secara bersamaan...
Jika ada artikel atau kalimat saya yang kurang layak mohon kritik dan saran agan-agan semua.
SUMBER
http://universalbyson.blogspot.com
http://www.yamaha-motor.co.id/byson/specification
http://www.yamaha-motor-india.com/product/fz16/specs.html
0 comments:
Posting Komentar