Jumat, 13 Juli 2012

[Review] Bridgestone Battlax BT45 di Yamaha Byson

Takut byson mentok pakai ban ukuran besar..... tenang.. jangan khawatir.. mari kita review
Buat para pengguna byson yg kecewa sama performa ban IRC RX01 standar byson, atau emng cuma pengen gedein ukuran ban. semoga artikel ini bisa dijadikan referensi.
Jadi ceritanya suatu waktu di masa lalu waktu pake vixion kan gw udah pake BT45, nah begitu pake byson dgn ban RX01 nya, entah kenapa rasa2nya ban ini kurang menggigit. Dengan dalih yg tersebut diatas, maka digantilah ban ori byson yg notabene juga ban ori ninja250, cbr150, cbr250, dan minerva 150 ini dgn BT45 pujaan hati.
Ukuran berapakah yg dipilih dan gimana hasilnya setelah nyemplak di tunggangan, monggo cekidot.
Ganti depan belakang?
Dari pengalaman gw pake RX01 di Byson, untuk trek kering ban ini bisa diandalkan, cengkeramannya oke buat rebah, tapi begitu jalanan basah kena/bekas ujan. Waduh, ampun2an, terutama ban belakang yg gak punya garis tengah pemecah air.
karena budget terbatas, cukup ganti ban belakang aja dulu. :D

Ganti ukuran berapa?
Ganti tipe ban ya pasti sekalian ganti ukuran ban, di negara asalnya, roda belakang byson dibalut ban ukuran 140/60. Entah kenapa setelah nyampe di Indonesia malah turun 2 tingkat jadi 120/70.
Banyak referensi dari sesama penunggang byson, ada yg pake 140/70, 150/60 dan paling ekstrim pake 160/60, semuanya masih muat walaupun beberapa perlu ada penyesuaian.
Karena lebar rimvelg belakang byson cuma 3.5″, maka dari anjuran di website battlax, disimpulkan ukuran maksimal yg bisa gw pake di Byson adalah 140.
dan di BT45, hanya ada 1 jenis, yaitu 140/70, gakpapalah agak tinggian dikit dibanding Byson Shah rukh khan.
Hasilnya gimana?
Pemasangan gak menemui kesulitan, full PnP tanpa ubahan sana sini, gak pake mentok2.
Begini hasilnya.
nempel ke rear fender dgn sempurna, ada gap 7mm
masih punya jarak sekitar 1,2cm dgn konde catalytic converter.
masih punya jarak cukup aman dengan besi penyangga tromol di sisi kanan ban, walo gak sampe 1cm
cemong jangan dihina, bantuin nyuci aja :D
Efeknya apa?
Dengan pemasangan BT45 ukuran 140/70, bakal ada beberapa perubahan.
1. Top Speed (sebut saja) bertambah.
hal ini diakibatkan panjang keliling ban belakang bertambah, keliling BT45 140/70 = 200cm(+-)
Akibatnya, dgn ban standar di posisi gigi5 dan rpm 5000, speed yg didapat hanya 67kpj, dengan ban ini naik menjadi 71kpj. Logikanya top speed yg bisa diraihpun bisa bertambah, walau gak banyak.
2. Tinggi motor bertambah.
Udah pasti lah ya, tinggi dinding ban nambah, keliling ban juga nambah otomatis tinggi motor juga nambah. Bedanya dikit sih, yg dulunya kl di standar tengah ban belakangnya masing ngegantung, sekarang jadi hampir nyenggol lantai.
3. Stabilitas.
Nah ini yg repot ngejelasinnya, soalnya gak ada satuan ukuran yg pasti untuk hal ini. tapi yakinlah dengan lebar tapak ban 18cm dan terpapar sempurna (gak ngedonat). Bidang tapak ban yg menyentuh permukaan jalan akan jadi lebih luas, hal ini berimbas pada stabilitas kendaraan terutama untuk speed tinggi, dan ‘gigitan” ban sewaktu dibawa rebah. Overall Ajiib.
.
Sekian ulasan soal pengaplikasian battlax BT45 di Yamaha Byson, semoga bisa jadi referensi masbro sekalian.
Kl emng minat, buat patokan harga, ban ini bisa ditebus dengan harga 1jt kurang dikit. Hanya selisih sedikit dengan BT45 ukuran 150/70. Mau model lain, BT92 juga cocok :D

2 comments: